Cara Menjual dan Memasarkan Produk Sabut Kelapa Cocofiber

Dari Pertanyaan di Blog ataupun via Facebook, banyak teman bingung menjual potensi sabut kelapa, sy mau sdikit share ya, dalam rangkuman kultweet (Kuliah Twitter) @PakarKelapa #Cocofiber smoga manfaat :)
  1. Sejak lama, Indonesia dikenal sbg penghasil kelapa TERBESAR di Dunia
  2. Produsen Terbesar kelapa, tetapi masih minim pemanfaatan produknya, Justru masih kalah dg negara spt Srilangka, apalagi produ
  3. Olahan sabut kelapa dikenal dg #Cocofiber, adalah bahan material produk-produk canggi
  4. #Cocofiber dikenal sejak lama sebagai bahan baku Jok pesawat, Jok mobil mewah teknologi Jerman
  5. Lantas siapa yang menjadi pionir dalam industri #Cocofiber? Negara Miskin di Asia Selatan Srilangka justru pionirnya
  6. Peluang pasar cocofiber yang sangat besar, skrng diambil alih oleh China, mereka produsen terbesar produk turunan tsb
  7. Sementara Indonesia, baru sebatas suplayer bahan baku #Cocofiber untuk China
  8. Industri olahan #Cocofiber Indonesia, sebenarnya sudah mulai ada, tetapi baru sebatas asal ada
  9. Tercatat bbrapa produsen olahan #Cocofiber tanah air yg sudah brjalan ada di daerah Lido Jawa Barat & sbagian di daerah Kebumen Jateng
  10. Namun sayang, produk mereka belum bisa competitif bersaing dg produk China. Kualitas dan pemasaran, masalah klasik pengusaha kita
  11. Ada rekan bisnis yg cukup bagus produknya, sayang manajemennya belum bs menembus pasar yg lebih besa
  12. Akhirnya, Kita masih rela dianggap sebagai Negara pengekspor Raw Material Saja
  13. Cap Negara Pengekspor terbesar #Cocofiber masih lebih bagus, dibanding jika Cocofiber dibakar sebagai sampah saja
  14. Fakta ironis memang, sebagai besar Sabut kelapa di Luar Jawa belum diolah sama sekali, #Cocofiber sekalipun
  15. Banyak rekan luar jawa yg sudah berniat mengolah Sabut Kelapa spy tidak dibiarkan atau dibakar saja
  16. Dan atau ada sebagian yg sudah tahu diolah jadi cocofiber, tetapi banyak tidak tahu cara pemasarannya
  17. Kalaupun sudah tahu cara pemasarannya, sering terkendala persoalan infrastruktur akses produk kelua
  18. Pasar #Cocofiber saat ini, sangat besar kebutuhannya, info dr beberapa rekan pengusaha, kebutuhan hampir lebih besar dr suplai
  19. Peluang pasar Terbuka #Cocofiber ini sebenarnya peluang, sekaligus tantangan, khusus bagi kawan-kawan diluar Jawa
  20. Bagi Luar Jawa, bahan baku cocofiber sama sekali bukan masalah, Justru melimpah
  21. Sementara di Jawa, dg segala kemudahan infrastruktur untuk ekspor, sering kendala bahan baku jadi masalah
  22. Tercatat daerah seperti Ciamis, Jogja, Kebumen, Banyuwangi atau daerah pantai selatan Jawa banyak Industr
  23. Nah, Lalu bagaimana dg Luar Jawa…? saya kira dr uraian sy awal, masih ada beberapa peluang untuk memecahkan masalah pasa
  24. Kalau untuk masalah pasar, diluar persoalan infrastruktur, skrng pasar relativ terbuka, Apalagi skrng Media Sosial sangat MUDAH membantu
  25. Orang sekelas @pakarseo bisa merubah Pasar yg remang-remang menjadi terang benderang, Media Internet jadi Toolnya
  26. Penggunaan media sosial Internet mempermudah sgalanya, email, blog, media online spt twitter, Facebook adalah alat wajib untuk pemasar
  27. Penggunaan media Internet untuk pemasaran #Cocofiber wajib dipakai untuk memperbesar pemanfaatan cocofiber
  28. Jika media Internet sudah dikuasai, selanjutnya kesiapan infrastruktur yang harus diperhatikan
  29. Saat ini, pelabuhan ekspor baru tersedia di beberapa tempat, belum merata. Mau Usaha #Cocofiber, Catat ini harus jadi Perhatia
  30. Diluar Jawa, pelabuhan ekpor yang memadai baru di Belawan Medan, Panjang Lampung, dan di Bitung Manado
  31. Sementara di Jawa, ada Pelabuhan Tj Priuk Jakarta, Tj Emas Semarang dan Tj Perak Surabaya
  32. Bagi kawan-kawan dilaur Jawa, perhatikanlah apakah sebegitu dekatkah dg pelabuhan ekspor impor tsb…?
  33. Kalau dekat atau relativ terjangkau khususnya biaya transportasinya, maka siap-siaplah menjadi pengusaha
  34. Tetapi kalau jauh, maka perlu dihitung ulang, apakah ongkos kirim masih sesuai dg margin yg akan didapat
  35. Contoh kasus, jika lokasi di NTB. Pelabuhan terdekat adalah Tanjung perak surabaya
  36. NTB merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar jg, namun pemanfaatan baru sebatas Kopra. Ini PELUANG….. :)
  37. Ambil daerah seperti lombok barat. Sumber kelapa, bahan sabut kelapa melimpah, blm ada persaingan usaha #Cocofiber. Peluaaaaang….
  38. kemudian langkah selanjutnya adalah Lihat transportasinya…, info dr kawan katanya Fuso ke Surabaya, cuma 2,5jt ini PELUAAANG….
  39. Kenapa…? karena di Jawa Saja, contoh Ciamis, kalau mau kirim ke Tanjung Priok ya harganya berkisar 2-3jt per Fuso…
  40. Nah Ini saya maksud sebagai studi kasus untuk melihat bagaimana suatu daerah Cocok untuk usaha #Cocofiber atau tidak..
  41. Rekan-rekan… kenapa sih usaha cocofiber menjanjikan… ? sya berikan ilustrasi sederhana yah…
  42. Begini… harga jual cocofiber diangka Rp 2400 per kg, ongkos produksi di Jawa Rp 1600-1800 per kg, kondisi bahan baku beli
  43. Berarti marginnya adalah minimal Rp 600 per kg, hebat bukan? pdahal sekali kirim per kontainer 18 ton,sekali kirim margin sampai 10jt an
  44. satu kontainer 18 ton hanya perlu dicapai 10 hari saja lho…, biasanya proses produksi rata-rata 2 ton per hari
  45. Sekarang kalau bahan baku gak beli, dg kondisi sama, margin kemungkinan tambah jg, ttp ingat ttp hitung ongkir ya.. :)
  46. Menggiurkan bukan…? Faktor inilah yang membuat Industri #Cocofiber seolah tertutup tp sebenarnya Pasar Terbuka…
  47. Faktor biaya transportasi, kesediaan bahan baku menjadi hal utama dalam proses industri olahan sabut kelapa
  48. Lalu apalagi yang menentukan berhasilnya industri olahan ini? jawabanya adalah mesin produksinya.
  49. Mesin Produksi Cocofiber minimal terdiri dari mesin pengurai, penyaring dan press
  50. Pembelian mesin yang relativ mahal, trkadang menjadi sandungan untuk masyarakat petani kelapa untuk mengolah peluang Industri
  51. Pembelian mesin yang relativ mahal, trkadang menjadi sandungan untuk masyarakat petani kelapa untuk mengolah peluang Industri
  52. Namun bagi pemilik modal, peluang ini adalah kesempatan emas untuk meraup untung dari bisnis sampah ini
  53.  Seperti apa bentuk mesin cocofiber, silahkan bisa dibaca dilink ini ~> http://rumahmesin.com/mesin-produksi-kelapa/jual-mesin-sabut-kelapa/
  54. Produk samping #Cocofiber ada serbuk sabutnya atau cocopeat, peluangnya bisa dibaca disini http://rumahmesin.com/artikel-proses/mencetak-cocopeat-blok-serbuk-sabut-kelapa-bernilai-ekspor/
Barangkali cukup sekian dulu saya mengupas bisnis #Cocifiber, terima kasih om @pakarseo atas Retweetnya :) berkah melimpah
Ada pertanyaan berarti ada Jawaban, ada masalah berarti ada solusi, pengikat solusi adalah tulisan.. Monggo smoga manfaat :)
Demikian KulTweet kami, Follow saya di @PakarKelapa

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

43 komentar:

  1. Bagus sekali ide bisnis yang kreative, akan lebih baik lagi jika di berikan alur proses langkah-langkah produksinya dari awal sampai final dan alur pemasarannya secara lengkap jadi saya dapat gambaran lebih luas. thanks

    BalasHapus
  2. Saya mau membuat percobaan bisakah memberikan rincian perlengkapan apa yang harus disediakan dan bahan pencampurnya sampai final siap jual apa saja, mohon petunjuknya , tks, Email saya : mbccpgroup59@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Kl jual sabut klapa ug belum diolah berapa perkilonya didaerah sumstera utara banyak yaitu wilayah labuhan batu

    BalasHapus
  4. Kl jual sabut klapa ug belum diolah berapa perkilonya didaerah sumstera utara banyak yaitu wilayah labuhan batu

    BalasHapus
  5. Berapa harga perkilo untk sabut kelapa yg belum diolah thk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam pak Husni, perkenalkan sy agus jogja, ini peluang usaha yg baik terutama di daerah timur yang nampaknya belum ada. Apakah sudah ada info harga sabut kelapa? tks dan salam

      Hapus
    2. Malam pak Husni, perkenalkan sy agus jogja, ini peluang usaha yg baik terutama di daerah timur yang nampaknya belum ada. Apakah sudah ada info harga sabut kelapa? tks dan salam

      Hapus
  6. Slamat pagi setelah membaca artikel dari bapa...kami sangat tertarik potensi kami di halmahera selatan sangat besar bgmaana kami bisa menjalin srmua agar kami bisa membuka lapangan pekerjaan warga kami ilong kami dituntun dan di beri arahan apa saja tahap awal yg harus kami siap kan karena sabut kami banyak...bantulah kami bapa....trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada yg membutuhkan alat mesin sabut kelapa Kami bisa membuat untuk produksi.kami sudah membuat berbagai macam mesin yg berhubungan dg pengolahan sabut kelapa. No yg bisa dihubungi jika ada yg berminat membuat mesin 087719706924 .lokasi jateng

      Hapus
  7. klu bisa d ksh petunjuk d daerah sy kelapa banyak,,."sandy sulteng

    BalasHapus
  8. klu bisa d ksh petunjuk d daerah sy kelapa banyak,,."sandy sulteng

    BalasHapus
  9. klu bisa d ksh petunjuk d daerah sy kelapa banyak,,."sandy sulteng

    BalasHapus
  10. klu bisa d ksh petunjuk d daerah sy kelapa banyak,,."sandy sulteng

    BalasHapus
  11. Apakah sabut kelapa muda bisa diolah utk cocofiber/ cocopeat. Mohon infonya. Kontak saya 082276845000

    BalasHapus
  12. Ass.salam kenal adakah yg mau joing usaha cocofiber soalnya di sulawesi tenggara banyak dan blum di kelola

    BalasHapus
  13. Salam all .
    Saya pekerja suwasta dan bekerja di bidang tambang .
    Membuat tambang dari bahan cocofiber
    Exfort membuat tali exfort apa bila anda smua membutuhkan sya bisa hub.
    Email : assyifa.salsabila02@gmail.com

    BalasHapus
  14. Salam hormat
    Saya syamsudin dari malaysia
    Saya sedang mencari pengusaha cocofiber
    Kalau bisa saya langsung berusaha dengan pemilik pabrik nya. Saya ingin membeli atau kerja sama. Kontrak berpanjangan.ini no tel saya 0165285386
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bisa bantu bapak untuk cocofiber ekspor ke malaysia no hp saya 082349108777

      Hapus
    2. Saya arip rahman.saya bisa bantu bp syamsudin.sy bekerja di pabrik cocofiber..jika bp berminat,bisa hub saya di no 085352663719/082393082631.terimakasih

      Hapus
    3. Saya berminat tapi jika udaha ininjalan saya harusboasok kemana cocofibernya????

      Hapus
    4. Nama saya ROMY NOMER SAYA 087863287419

      Hapus
    5. saya sedang mencari pembeli cocofiber....
      no tlp. 085656229777

      Hapus
  15. Saya ingin membantu investor yang ingin masuk ke sulwesi barat untuk prodak cocofiber

    BalasHapus
  16. Assalamualaikm.. saya ingin mengembangkan usaha atau juga membuka usaha cocofiber ini. Karna di daera saya bahan baku nya lumayan cukup banyak bahkan boleh dikatakan tidak akan putus. Namun saya terbatas dengan pengolahan nya atau cara pengolahan. Sedangkan lahan untuk pabrik saya bisa adakan. Mohon info nya.

    BalasHapus
  17. Apakah dsini ad yg mau beli cocofiber, cocopeat dan asap cair sisa pembakaran sabut kelapa dengan jumlah ton.silahkan hub 08117001303

    BalasHapus
  18. Saya dari Sumatera Utara ingin mengembangkan usaha pengolahan sabut kelapa,mengingat di daerah kami bahan baku/sabuk kelapa sangat banyak dan tidak dimanfaatkan..olah Krn itu saya ingin menawarkan kerjasama tentang pengolahan,alat dan pemasaran..mohon infonya..

    BalasHapus
  19. Saya Mr.hartawan dari Sumatera Utara ingin mengembangkan usaha pengolahan sabuk kelapa..mengingat ketersediaan bahan baku berupa sabuk kelapa sangat banyak dan belum dimanfaatkan,agar memiliki nilan ekonomis.saya melihat peluangnya cukup besar ..oleh karena itu saya menawarkan kerjasama untuk pengolahan,alat dan pemasarannya..contact saya 081269840269 mohon infonya...trimakasih

    BalasHapus
  20. Saya baru bekerja menggunakan bahan kulit kelapa dan sabutnya tidak saya gunaka....jika ada pembeli siap kerja sama

    BalasHapus
  21. 'Buat yang serius mau sehat, sejahtera dengan berkerja sama-sama atur pertemuan saja, Ke!
    Zii
    Up?!

    BalasHapus
  22. Saya memiliki supply sabut kelapa yang bnyak karena saya usaha kopra kelapa .Bagi yang berminat membeli sabut kelapa bisa kontak saya 082184624009 lokasi jambi.harga murah

    BalasHapus
  23. Masih ada yg butuh sabut kelapa?? Saya ada, inj no wa sy 082230561166.

    BalasHapus
  24. Masih ada yg butuh sabut kelapa?? Saya ada, inj no wa sy 082230561166.

    BalasHapus
  25. Sy syair asal kabupaten kepulauan selayar. Sebuah Pulau yang masyarakatnya rata2 hidup dari hasil bertani. Dimana masyarakatnya mengandalkan hasil dari pengelohan buah kelapa menjadi kopra dan tempurung kelapa diolah menjadi arang untuk memenuhi hidup sehari hari. Sampai sekarang ini pengelohan kelapa tersebut hanya sampai batas pengelohan menjadi kopra dan arang dimana sabuk kelapa tersebut hanya dibuang percuma. Dalam hal ini saya ingin mencari perusahaan yg bisa diajak join untuk bisa membeli sabuk kelapa tersebut. Ini no wa sy sekaligus no tlpn yg bsa dihubngi. 0852 9999 1555.

    BalasHapus
  26. Bagi yang ingin membuat cocofiber dan cocopeat saya ready stok bahan bakunya yaitu sabut kelapa yang belum diolah. Bagi yang berminat bisa contact saya di 085278907309 Benni Purba. Bahan baku saya berasal dari daerah Riau

    BalasHapus
  27. Kalau ada pembeli dari luar negri saya siap suplai cocofiber.ada pun kalau ada yg mau buka langsung di daerah saya, disini siap bekerja sama.apep.lampung utara. WA085268636898

    BalasHapus
  28. Salam sukses...
    Bagi kalian yg mau membeli cocofiber dan cocofeat,saya siap suplay.sy dr kota banjar jawa barat. Silahkan WA k no 081222497914

    BalasHapus
  29. Saya siap suplay cocofiber nya,ataupun cocofeat...jika ingin bekerjasama hubungi sy di no 081222497914

    BalasHapus
  30. Saya ada 200 ton cocofeat bagi yg berminat hub no saya 081385814517

    BalasHapus
  31. Saya zulfahmi dari padang ingin membuat usaha dari sabuk kelapa , selama ini sabuk haya menjadi limbah sehingga haya di buang saja dan dibakar di padang bahan bakuya sangat bayak jadi kami disini mencari mitra usaha biar bisa terlaksana, hubungi 082385966235 kalaw ada yang berminat sekian terimakasi...

    BalasHapus
  32. saya heru prasetyo saya ada cocopeat dan cocofiber jika ada yg membutuhkan kedua produk bisa hub saya 085270424984
    lokasi saya di medan

    BalasHapus